Pengertian Internet, Manfaat, Fungsi dan Sejarah Internet

Artikel terkait : Pengertian Internet, Manfaat, Fungsi dan Sejarah Internet

Pengertian Internet serta Manfaat Internet

Pengertian Internet, Manfaat, Fungsi dan Sejarah Internet - Semakin maju perkembangan zaman yang sangat sifnifikan khususnya di negara maju seperti Amerika, Eropa, Jepang dan lainya. Negara-negara tersebut merupakan negara yang sudah maju dalam bidang teknologi, teknologi mempunyai dampak yang sangat penting dalam kehidupan manusia dikarenakan dengan adanya teknologi setiap individu dapat saling berkomunikasi dengan mudah. Jaman ini teknologi semakin canggih, teknologi yang paling populer di antara lainnya ialah internet karena dengan adanya internet banyak informasi - informasi yang didapatkan dengan mudah, internet adalah salah satu media baru ( new media ) yang sangat cepat dan murah.

Dalam kesempatan kali ini AkuCari.Info akan memberitahu kepada kalian mengenai
  • Apa itu internet?
  • Apa manfaat internet? 
  • Apa saja fungsi internet?
  • Sejarah Internet ditemukan.

Pengertian Internet 

Internet berasal dari kata Interconnected-networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringanyang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya. - Wikipedia

A. Pengertian Internet Menurut para Ahli

  1. Menurut O`Brien (2003, p10) Internet merupakan jaringan komputer yang berkembang pesatdari jutaan bisnis, pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang saling berhubungan dengan jumlah penggunanya lebih dari 200 negara.
  2. Menurut  Allan (2005, p12) internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubungsecara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan protokol komunikasitertentu yang disebut  Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP). Protokol adalah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana komputer saling bertukar informasi.

Manfaat Internet

Manfaat internet telah dirasakan dalam berbagai  bidang kehidupan mulai dari bisnis, pendidikan, kesehatan & medis, agama, sosial budaya, hingga bidang seni dan musik. Perkembangan internet dapat kita katakan berpengaruh dari  berbagai sisi kehidupan, mulai dari hal sederhana sampai yang sangat menentukan bagi kehidupan.

A. Manfaat Internet di Dunia Pendidikan

Bagi Guru
  1. Mendalami dan mencari bahan ajar.
  2. Mencari berbagai teknik dan pola pengajaran baru.
  3. Menambah wawasan.
  4. Saling membagi ilmu yang dimiliki. 
  5. Mempromosikan kegiatan sekolah. 
Bagi Guru
  1. Membantu mengerjakan tugas.
  2. Menambah wawasan keilmuan.
  3. Memberikan ide yang berperan penting untuk sesama.
  4.  Membuka ruang tanya ja!ab

B. Manfaat Internet di bidang Sosial Budaya

  1. Mempromosikan budaya secara luas
  2. Mencari informasi norma dan kesusilaan suatu daerah/negara.
  3. Meningkatkan pengetahuan akan budaya suatu daerah. 
  4. Berkumpul secara virtual dan chatting & join group sosial media.
  5. Menemukan berbagai teman dari berbagai daerah atau teman masa lalu

Fungsi Internet

  1. Media Informasi – Internet merupakan media penyimpan segala informasi dan fasilitas mesin pencari membantu memudahkan pencarian informasi tertentu di antara banyaknya informasi yang tersedia.
  2. Alat Komunikasi – Internet dapat mendukung kegiatan komunikasi interpersonal maupun komunikasi massa (akses berita dan sosial media)
  3. Sarana pendukung kegiatan pendidikan – Internet membantu memperoleh buku-buku secara online maupun offline serta halaman-halaman web yang berguna dalam pencarian informasi demi kepentingan pendidikan.
  4. Sarana pendukung kegiatan ekonomis – Internet dapat menjadi media jual-beli secara online dan mendukung kegiatan finansial lainnya  (e-commerce dan e-banking).
  5. Sarana hiburan – Sarana untuk mencari data yang bersifat menghibur dan dapat pula sebagai sarana penyaluran ide kreatif.

 

Artikel AkuCari.Info Lainnya :

Copyright © 2017 AkuCari.Info | Kumpulan Artikel, Makalah dan Info Pendidikan.