Kamis, 20 Februari 2020

Bagaimana Memeriksa Processor x86 (32-bit) atau x64 (64-bit) pada Windows?

Kebanyakan pengguna komputer saat ini masih menggunakan Sistem Operasi Windows 10 atau 7. Kesemua Versi yang digunakan juga masih menggunakan jenis processor x86 (32- bit). Mengapa banyak user yang menggunakan Jenis processor x86 dibandingkan x64 ? Mungkin yang menjadi dasar bagi pengguna tersebut adalah bahwa developer software saat ini lebih dominan membuat aplikasi berdasarkan Windows x86 dibandingkan x64.

Bagaimana Memeriksa Processor x86 (32-bit) atau x64 (64-bit) pada Windows?


Jadi ketersediaan software untuk versi x86 lebih banyak ketimbang x64. Ada kemungkinan software yang didesign untuk x86 dapat berjalan pada Processor x64, tetapi tidak semua. Sedangkan Software yang khusus dibuat untuk x64 tidak bisa digunakan pada x86.

Perbedaan mendasar processor x86 (32-bit) dan x64 (64-bit) adalah mengacu pada teknologi pemrosesan (processor) pada komputer mengenai bagaimana menangani informasi. Processor x64 akan mampu mereferensikan pengalamatan data pada memory lebih cepat dibanding processor x86.

Jika anda ingin melakukan instalasi Sistem Operasi Windows pada PC atau Laptop, tentu saja harus memperhatikan jenis processor apa yang digunakan ? Jadi tidak bisa sembarangan. Dan versi Windows yang digunakan juga harus menyesuaikan dengan Processor yang ada. Karena Windows 64 bit hanya dapat diinstall pada komputer yang processornya sudah mempunyai kemampuan x64 (64-bit), dan Windows 32-bit dapat diinstall pada processor dengan kemampuan x86 (32-bit) maupun x64 (64-bit).

Cara Mengecek Tipe Processor 32-bit atau 64-bit

Bagaimana cara untuk mengetahui jenis processor apa yang digunakan oleh sebuah PC atau Laptop pada Windows 10 atau 7 ? Dan apakah Compatible dengan Processor x64 (64-bit) ?, untuk dapat mengetahui jenis processor ada 4 cara yaitu :

Cek Tipe Prosesor Melalui Control Panel

Cek Tipe Prosesor Melalui Control Panel

  1. Pertama yang dilakukan ialah. Klik Start lalu ketik pada kolom pencarian "Control Panel"
  2. Setelah terbuka Control Panel pilih pada bagian "View By" ubah dan pilih Small Icons
  3. Setelah itu pilih menu System yang ada pada Control Panel, maka akan muncul tampilan mengenai informasi komputer atau laptop kamu

Cek Tipe Prosesor Berapa Bit Melalui System Information / MSInfo32
  1. Langkah pertama klik menu Start, lalu ketikan System Information / MSInfo32
  2. Bisa dilihat pada item System Type menampilkan x64-based PC jika kompatibel dengan x64, dan X86-based PC jika hanya mendukung tipe x86 (32-bit)

Cek Tipe Prosesor Menggunakan Aplikasi CPU-Z

CPUZ merupakan utility yang digunakan untuk menampilkan semua informasi tentang CPU (Processor), Cache, Mainboard, Memory, dll yang digunakan pada sebuah PC atau Laptop. Untuk bisa menggunakannya silahkan Download CPUZ. Informasi akan ditampilkan pada bagian Instructions pada CPU tab, jika menampilkan EM64T (Intel Processor) atau AMD64 (AMD Processor). Jadi jika menampilkan kedua status tersebut, berarti anda dapat menginstalkan Windows versi 64-bit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar